Info

Istilah Anak Motor di Nusantara Selain Sunmori

Kevin Reed

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Suara. com kepala Istilah sunmori atau Sunday morning riding t entu sudah tidak aneh didengar terutama bagi pecinta motor. Namun apa tersebut sunmori? Selain sunmori, istilah anak motor lainnya pula menarik untuk kalian tahu.

Istilah Anak Mesin

  1. Sunmori
    Sunmori ialah singkatan dari Sunday morning ride, atau berkendara menuju sebuah tempat bersama jodoh komunitas pada hari minggu
  2. Sutmori
    hampir sama dengan sunmori, sutmori adalah kepanjangan daripada Saturday morning ride. Yang membedakan hanya ditentukannya hari berkendara, jika sutmori dikerjakan pada sabtu pagi
  3. Tourjib
    Istilah yang ketiga adalah sebuah kegiatan yang dilakukan para-para pecinta motor untuk mengunjungi tempat tertentu, biasanya jaraknya sangat jauh bahkan bisa menyebrang pulau
  4. Tourgab
    Hampir sama dengan tourjib, tourgab ialah tur gabungan yang dilakukan oleh beberapa komunitas motor untuk melakukan tur
  5. Kopdar
    Kopdar adalah singkatan dari jiplakan darat, istilah ini telah menjadi istilah umum di setiap komunitas. Kopdar merupakan sebuah agenda dimana para-para anggota komunitas bertemu untuk mempererat tali persaudaraan.

Sejarah Komunitas Motor di Indonesia

Rasanya ada yang kurang apabila sedang mempercakapkan istilah-istilah anak motor minus membahas sejarahnya, berikut ialah ringkasan sejarah komunitas motor di Indonesia.

Baca Juga: Viral Chef Juna Kena Gampar Petinggi Perhimpunan Motor Indro Warkop, Itu Sebabnya

Melansir dari  suryanation. id  ternyata pada Indonesia komunitas motor telah berdiri sekitar tahun 1915, klub motor di Indonesia pertama ialah  Motorfiets Rijders Te Batavia  yang berpangkal dari Jakarta. Bagi anda para pecinta motor tentunya sudah tidak asing dengan  Yonkers Motorcycle Club, yap klub motor paling legendaris asal Amerika yang lumrah oleh seluruh dunia.

Yang menjadi fakta menarik ialah klub  Motorfiets Rijders Te Batavia  ini berdiri pas setelah  Yonkers Motorcycle Club  lahir, sedangkan pada tahun-tahun itu kemajuan teknologi belum secanggih seperti saat ini. Tentunya saat itu belum ada kemudahan mengakses data seperti sekarang ini, berarti berdirinya klub motor itu memang murni dari kekasih mereka terhadap motor. Tidak mengikuti tren apa yang sedang booming.

Jika berbahasa tentang hobi tentunya menjelma sebuah topik yang tidak akan pernah ada habisnya, seperti halnya dengan para pecinta motor. Seperti yang kita ketahui saat itu sudah ada ratusan bahkan ribuan klub motor yang ada di Indonesia, hal tersebut tentunya membuktikan kalau para pecinta motor di Indonesia tak lekang periode.

Persatuan Motor Tertua di Nusantara

Berikut adalah 3 klub motor di Nusantara yang perlu anda tahu:

Mengaji Juga: El Presidente Bikers Brotherhood 1% MC Ajak Bikers Celik Persaudaraan

  1. Ikatan Sport Harley Davidson Club (ISHD)
    Berdirinya  Motorfiets Rijders Te Batavia  ternyata membawa tren positif pada Indonesia, hal ini terbukti pada tahun 1968 para-para pecinta moge Harley Davidson di seluruh Indonesia mendirikan komunitas ISHD. Komunitas pecinta Harley ini berdiri pada 1 Juni 1968.
  2. Black Angels Motorcycle Club (BAMC)
    Perhimpunan motor tertua yang ke-2 adalah  Black Angels Motorcycle Club, fakta menariknya adalah berdirinya klub motor tersebut diinisiasi oleh komedian kawakan dan legendaris Indonesia, Indro Joyo Kusumo atau dengan akrab kita kenal secara nama Indro Warkop. Konsorsium motor ini berdiri dalam
  3. Pecinta Motor Udhug Indonesia – Soerabaia (PEMUDI’S)
    Klub motor yang ketiga ini hidup pada 22 Februari 1982, mulanya klub ini hanya terdiri dari 10 karakter penggemar motor tua di kota pahlawan, Surabaya. Asosiasi ini berdiri bukan tanpa tujuan, melainkan ingin melestarikan motor-motor eropa yang tersedia di Indonesia.

Demikian ulasan mengenai istilah anak motor dan sejarah klub motor yang perlu anda ketahui. Semoga dapat memberikan wawasan mutakhir bagi anda.

Back to top