Info

Berkendara di Cuaca Buruk, Skill serta Fitur Jadi Tumpuan

Kevin Reed

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com berantakan Mengendarai mobil di dalam cuaca buruk, tentunya membutuhkan menghiraukan lebih. Strategi terbaik mengemudi dalam saat cuaca buruk adalah dengan menghindarinya.

Namun, apa saja yang harus dipersiapkan oleh pengemudi bila terpaksa harus mengemudi di cuaca membatalkan. Menurut Instruktur Safety Driving Safety Devensife Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, persiapan fisik dan mental dari pengemudi menjadi hal istimewa.

“Saat berkendara di cuaca buruk, ingat lagam kendaraan 100 persen ada di pengemudinya, pastikan siap berkendara dan kuasai fitur-fitur dari kendaraan, ” ujar Sony Susmana, dalam fakta tertulis yang diterima Suara. com .

Selanjutnya, Sony mengusulkan untuk cek kendaraan secara uraian, terutama bagian-bagian dari kendaraan yang dapat menunjang pengemudi saat mengemudi di cuaca buruk, seperti wiper dan air wiper, sistem pencerahan, tekanan angin, dan sistem rem.

Baca Juga: Berkendara Aman dan Segar saat Pandemi, Berikut Tipsnya

Kontrol operasikan wiper [Envato Elements/duallogic].

“Mengemudi membutuhkan strategi dan jurus pada mengantisipasi kondisi cuaca buruk, namanya Anticipation Driving, dan ini otoriter harus dimiliki seorang pengemudi, ” kata Sony.

Namun, sambung Sony, kehadiran fitur-fitur keselamatan pada kendaraan juga tidak kalah penting.

Apabila kendaraan telah dilengkapi fitur keselamatan yang lihai, tugas pengemudi akan lebih rendah, sehingga kemungkinan terburuk selama penjelajahan dapat diantisipasi dengan mudah.

Ia mengambil mencontoh kendaraan modern seperti Wuling Almaz, sudah dibekali dengan fitur mumpuni yakni Hill Hold Control (HHC). Secara adanya fitur Hill Hold Control, maka mobil tidak akan tepat turun ketika melepas pedal udara.

“Fitur ini HHC sangat membantu, karena selama ini pengemudi selalu menyandarkan parking brake saat berada ditanjakan, ” ungkapnya.

Baca Juga: Ini Riding Gears Wajib Saat Berkendara Off-road

Sebagai informasi, fitur keselamatan asing yang tersemat pada Wuling Almaz adalah fitur ABS ( Anti-lock Braking System ), EBD ( Electric Brake-force Distribution ) dan Brake Assist (BA), ESC ( Electronic Stability Control ). Fitur keselamatan pada Wuling Almaz serupa tersedia pada para kompetitornya kaya DFSK Glory 560.

Back to top